Apa Itu Search Engine Optimizer - Search Engine Optimizer adalah proses mengoptimalkan situs web agar peringkatnya baik di mesin pencari (search engine) melalui pencarian organik (tidak berbayar). Ini adalah salah satu strategi pemasaran yang paling penting untuk bisnis apa pun.
Karena Google bertujuan untuk memberikan pengalaman pengguna
yang baik bagi para pencarinya, Google pun ingin menyajikan informasi terbaik
yang tersedia di dalam databasenya. Oleh karena itu, SEO kepanjangan dari
search engine optimization seharusnya adalah proses memastikan search engine
mengenali konten Anda sebagai informasi utama di web untuk kata kunci yang
dimasukan oleh pencari.
Cara Kerja SEO
Search engine menggunakan robot yang merayapi (crawl)
halaman web di internet untuk menentukan konten apa yang dikandungnya. Bot ini
memindai kode, mengambil teks tertulis, gambar, video, dan lainnya yang muncul
di halaman web untuk mengumpulkan semua informasi. Setelah mereka mengumpulkan
cukup informasi tentang jenis informasi yang tersedia di setiap halaman dan
menentukan bahwa konten ini akan berguna bagi pencari mereka, mereka
menambahkan halaman ini ke indeks mereka. Indeks pada dasarnya adalah semua
kemungkinan hasil web yang disimpan oleh search engine untuk diberikan kepada
pencari potensial.
Search engine menilai hasil terbaik berdasarkan apa yang
dicari oleh pencari. Saat seseorang menelusuri, algoritma mereka mencocokkan
keyword yang dicari pengguna dengan informasi yang relevan dalam indeks mereka,
lalu memberikan jawaban akurat untuk keyword mereka kepada pencari. Platform
kemudian menggunakan ratusan sinyal untuk menentukan urutan kemunculan konten
untuk setiap pencari. Sinyal-sinyal inilah yang coba dikuasai oleh para ahli
SEO.
Penting untuk dicatat bahwa Google tidak merilis secara spesifik tentang algoritme atau prosesnya, jadi tidak mungkin untuk mengetahui secara pasti faktor apa yang memengaruhi pengindeksan dan peringkat. Oleh karena itu, SEO bukanlah ilmu yang sempurna dan bahkan ketika tampaknya semua Teknik pengoptimalan sudah diterapkan, seringkali membutuhkan kesabaran dan penyesuaian terus-menerus untuk melihat hasilnya.
SEO On Page Dan SEO Off Page
Karena tidak ada cara untuk mengetahui secara pasti apa yang
paling memengaruhi peringkat mesin pencari, para ahli menyarankan agar strategi
SEO Anda berisi berbagai taktik. Taktik tersebut sebagian besar dapat dipecah
menjadi dua kategori yaitu SEO on page dan SEO off page.
SEO on page adalah mengacu pada strategi yang Anda terapkan pada halaman web Anda sendiri, termasuk semuanya mulai dari desain, tulisan, metadata, alt text, dan banyak lagi. Sedangkan SEO off page adalah mengacu pada langkah-langkah yang Anda ambil di luar halaman Anda. Contoh SEO off page seperti tautan eksternal atau backlink.
Baik SEO on page maupun off page sangat penting dalam
mengarahkan traffic ke situs Anda dan pada akhirnya memberi sinyal kepada
Google bahwa situs Anda adalah pemain penting di internet. Dengan memberi tahu
Google bahwa halaman Anda penting dan orang-orang tertarik untuk mempelajari
apa yang Anda tawarkan, Anda dapat
menaikan traffic website dan menaikan peringkat halaman Anda.
BACA JUGA: Perbedaan SEO On Page Dan SEO Off Page
Cara Membuat SEO
Setelah tadi membahas tentang apa itu SEO dan manfaatnya,
mari lanjutkan langkah selanjutnya dengan membahas cara membuat SEO. Langkah
pertama dalam menerapkan praktik terbaik SEO adalah membuat situs web yang
mudah dinavigasi, dan dengan jelas menyajikan informasi yang ingin Anda
sampaikan. Ini memastikan bahwa Anda berada di jalur yang benar untuk
memberikan jawaban yang sangat baik untuk pertanyaan pencari. Namun, SEO lebih
dari sekadar situs web yang bagus. Berikut adalah beberapa langkah praktis yang
dapat Anda ambil untuk memulai SEO:
Membuat SEO Plan
Optimisasi mesin pencari membutuhkan kerja dan konsistensi,
sehingga penting bahwa Anda memiliki rencana untuk itu. Pastikan untuk
memikirkan strategi SEO Anda sesuai dengan tujuan Anda yang lebih besar,
sehingga Anda dapat memahami apakah upaya Anda berhasil. Misalnya, jika Anda adalah
toko online yang ingin memanfaatkan SEO untuk mendatangkan lebih banyak lalu
lintas dan menghasilkan lebih banyak penjualan, rencana SEO Anda mungkin
terlihat berbeda dibandingkan jika Anda ingin meningkatkan brandawarenes atau
mendapatkan lebih banyak kunjungan ke toko Anda. Pastikan untuk
mempertimbangkan tujuan ini sebelumnya dan mengoptimalkan situs Anda sesuai
dengan itu.
Melakukan Riset Keyword
Bisa dibilang salah satu bagian terpenting dari memahami dan
menerapkan SEO adalah melakukan keyword research. Keyword research atau riset
keyword adalah proses menemukan kata yang paling relevan untuk digunakan di
halaman web Anda. Dengan melakukan beberapa research, dan menggunakan keyword
research tools, Anda dapat memahami bagaimana orang di seluruh dunia cenderung
mencari hal-hal yang terkait dengan produk atau layanan Anda. Untuk melakukan
cek keyword seo, anda bisa menggunakan tools gratis dari google yaitu google
keyword planner
Sebagai contoh, katakanlah nama Anda Jenny dan Anda menjual
bunga. Anda mungkin berpikir bahwa hal terbaik adalah mengoptimalkan website
Anda untuk kata kunci “toko bunga”. Meskipun ini mungkin pilihan kata kunci
yang benar, itu seharusnya bukan satu-satunya kata yang Anda fokuskan. Anda
bisa menggunakan kata kuci lain seperti pengiriman bunga, kesegaran bunga, atau
jenis bunga. Menyertakan informasi tentang topik ini pada akhirnya akan membuat
situs Anda menjadi sumber yang lebih baik bagi seseorang yang ingin membeli
bunga. Dengan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik, Anda juga memberi
sinyal kepada Google bahwa halaman Anda adalah pesaing kuat bagi siapa pun yang
mencari solusi bunga lengkap.
Baca juga: Cara Memilih Keyword Yang Tepat Untuk SEO
Pagespeed SEO
Salah satu faktor yang dipertimbangkan Google adalah
kecepatan halaman atau waktu loading. Seberapa cepat situs web Anda loading
adalah elemen penting dari pengalaman pengguna. Situs web yang lambat akan
membuat pengguna menjauh dari situs Anda bahkan sebelum mereka melihat apa yang
ditawarkannya. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk memperhatikan hal ini dan
pastikan untuk mengoptimalkan kecepatan situs web Anda.
Tulis Tag Title Dan Meta Description Anda
Meta data mengacu pada informasi yang Anda berikan kepada
Google untuk menjelaskan isi halaman web Anda. Aspek penting dari metadata
termasuk tag judul dan meta description. Saat Anda melakukan pencarian di mesin
pencari, setiap hasil disajikan dengan judul dan deskripsi yang memberi tahu
Anda jenis konten apa yang akan Anda temukan di halaman. Memberikan informasi
tersebut kepada Google akan membantu pencari dan Google memahami bagian
terpenting dari halaman Anda.
Banyak pakar SEO menganggap judul meta, atau tag judul, dan
deskripsi meta Anda sebagai beberapa sinyal SEO terkuat yang dapat Anda
kirimkan ke Google. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mencoba memasukkan
kata kunci terpenting dalam tag judul Anda.
Tag judul dan deskripsi meta juga memiliki keunggulan SEO
yaitu Anda mempunyai kendali atas teks yang dilihat pencari ketika mereka
pertama kali menemukan situs web Anda. Semakin banyak orang yang mengklik situs
Anda, semakin Google memperhatikan bahwa itu adalah kecocokan yang baik untuk
pencarian mereka dan peringkat web Anda akan menjadi semakin tinggi.
Baca Juga: 6 Ciri Meta Description Yang Baik Untuk SEO
Gunakan Alt Text
Alt text atau teks alternatif, adalah deskripsi kecil yang
Anda berikan pada gambar di situs Anda. Itu tertanam ke dalam HTML situs Anda
dan merupakan aset SEO yang penting. Bot yang merayapi laman web dapat dengan
cepat membaca teks alternatif untuk memahami isi gambar.
Teks alternatif ini juga membuat gambar Anda lebih mungkin
muncul di pencarian Google di bagian gambar Google. Semakin baik teks
alternatif Anda, semakin besar kemungkinan peringkat gambar Anda. Google juga
melihat halaman web yang menggunakan teks alternatif lebih dioptimalkan secara
umum. Ini dapat membantu situs Anda tampil lebih baik di mata mesin pencari.
Hal penting yang perlu diperhatikan adalah bagaimana
tepatnya menulis teks alt. Saat Anda melihat sebuah gambar, Anda mungkin bisa
memikirkan berbagai cara untuk menggambarkan apa yang Anda lihat. Untuk tujuan
SEO, disarankan untuk berpikir secara strategis tentang teks alternatif Anda
dan coba memasukkan beberapa kata kunci untuk memberi dorongan ekstra pada
situs Anda. Namun, teks alternatif tidak bisa hanya berfokus pada kata kunci;
itu masih harus secara akurat menjelaskan apa yang digambarkan oleh gambar itu.
Buat Internal Link
Internal link merupakan faktor penting untuk SEO. Ketika satu halaman tertaut ke halaman lain, ini membantu Google menavigasi situs Anda dan membangun jaringan koneksi antara halaman dan kontennya. Ini dapat membantu dengan kategorisasi halaman, dan mungkin yang lebih penting memungkinkan Google untuk mengindeks halaman Anda secara lebih efisien.
Salah satu strategi penautan terbaik adalah penautan
internal link atau penautan antar halaman dalam situs web Anda sendiri. Ini
sederhana karena Anda memiliki kendali atas semua halaman Anda dan dapat dengan
mudah menambahkan tautan dari satu ke yang lain. Tautan internal juga membantu
meningkatkan domain authority. Dengan menautkan halaman yang jarang dikunjungi
ke halaman yang lebih kuat di situs Anda sendiri, Anda mengirimkan sinyal
kepada Google bahwa kedua halaman itu penting.
Tautan internal juga penting untuk pengalaman pengguna.
Dengan menghubungkan halaman yang relevan satu sama lain, Anda akan membuat
situs Anda lebih mudah dinavigasi dan memastikan bahwa pengguna Anda dapat
dengan mudah menemukan apa yang mereka cari.
Lakukan External Link
Tautan eksternal atau backlink adalah ketika situs yang
mempunyai domain berbeda menautkan linknya ke situs Anda. Ini adalah taktik SEO
yang penting karena salah satu kegunaan backlink adalah meningkatkan domain
authority situs Anda. Saat suatu halaman web penting memberikan link ke konten
Anda, halaman tersebut mengirimkan sinyal ke Google bahwa laman Anda adalah
sumber informasi yang baik. Backlink juga membantu halaman Anda mendapatkan
eksposur, memungkinkan lebih banyak pengguna potensial untuk menjangkau dan
mempelajari tentang produk atau layanan Anda. Untuk cek backlink domain, melihat
daftar backlink berkualitas atau backlink terbaik, Anda bisa menggunakan tools
gratis seperti MOZ.
Baca juga: Cara Mengecek Backlink Website Terbaik
Pastikan Website Anda Mobile Fiendly
Di dunia saat ini, lebih dari 50% dari semua lalu lintas
berasal dari perangkat seluler. Itu berarti ada baiknya Anda memastikan bahwa
situs Anda dapat dibuka dengan lancer di perangkat mobile.
Ini tidak hanya akan meningkatkan bisnis Anda dan memastikan
bahwa orang yang menelusuri dari ponsel mereka dapat menggunakan situs Anda,
tetapi juga penting bagi Google. Search engine sering kali menggunakan
pengindeksan dengan cara merayapi versi seluler situs Anda untuk menentukan
bagaimana peringkatnya di antara hasil-hasilnya. Itulah mengapa versi seluler
situs Anda layak mendapatkan perhatian penuh dari Anda.
Analysis Hasilnya
Karena SEO adalah pekerjaan yang bisa dibilang berat, maka
Anda harus secara konsisten untuk menganalisa bagaimana hasil kinerja halaman
Anda. Anda dapat memeriksa peringkat dan kinerja halaman Anda dengan SEO tools
seperti Semrush Ahrefs, dan Google Search Console. Tools ini dapat membantu
Anda memahami peringkat situs Anda telah meningkat dan mencatat kata kunci mana
yang memiliki peringkat bagus untuk situs Anda. Jika Anda tidak puas dengan
peringkat atau lalu lintas Anda, Anda dapat mempertimbangkan semua item
sebelumnya dalam daftar ini dan menyesuaikan konten Anda.
Masih banyak hal yang bisa dibahas terkait SEO. Tadi kita
sudah membahas tentang apa yang dimaksud search engine optimization, manfaat
search engine optimization, tujuan search engine optimization, bagaimana cara
kerja SEO sampai step-step cara membuatnya SEO. Makin tertarik untuk belajar
search engine optimization lebih jauh lagi? Tunggu artikel selanjutnya yang
akan membahas tentang apa itu SEO dan SEM
0 Comments