Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Memahami Perbedaan SEO On Page Dan SEO Off Page

Perbedaan SEO On Page Dan SEO Off Page

Perbedaan SEO On Page Dan SEO Off Page - Agar website ataupun blog yang Anda buat terletak di peringkat yang bagus di hasil pencarian Google, diperlukan metode SEO yang sesuai. SEO (Search Engine Optimization) merupakan upaya optimalisasi web ataupun web agar memperoleh peringkat yang lebih baik di hasil pencarian Google secara organik.

Terdapat 2 metode yang sering digunakan untuk optimalisasi SEO yaitu metode SEO On Page serta SEO Off Page. Kedua metode tersebut sanggup memberikan dampak yang baik kepada web Anda. Tetapi banyak owner web yang masih bingung, apakah perbedaan SEO on page dan SEO off page? Apa keduanya perlu diterapkan? Artikel ini akan mengulas perbedaan SEO on page dan SEO off page.


BACA JUGA: Cara Optimasi SEO Off Page


Perbedaan Berdasarkan Pengertian

SEO on page adalah metode optimasi yang diterapkan di dalam web dengan memaksimalkan konten serta beberapa hal-hal teknis pada halaman web.

SEO off page adalah metode optimasi yang diterapkan di luar web dengan tujuan agar web bisa tampil di halaman paling atas pencarian google. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara menaikan skor domain authority lewat link building, backlink, ataupun kegiatan pengoptimalan eksternal web yang lain.


Perbedaan Berdasarkan Manfaat

Manfaat SEO On Page

Berikut merupakan manfaat dari mengoptimalkan SEO on page:

A. Memudahkan Proses Marketing
Dari konten serta materi-materi marketing yang ada dalam web Anda, pengunjung web akan merasa lebih gampang paham serta memahami bisnis yang Anda tawarkan, sehingga proses marketing bisnis Anda akan mudah untuk dijalankan.

B. Mendorong Naiknya Brand Awareness
Tidak hanya memudahkan proses marketing, SEO on page juga dapat mendorong naiknya brand awareness bisnis Anda. Misalnya dari konten yang Anda buat, dari judul halaman web yang unik serta menarik, serta media sharing yang Anda pakai.

C. Fokus pada Tampilan Website
Dengan mempunyai data yang sesuai, cocok dengan bisnis, dan terdapatnya optimasi pada halaman web seperti terdapatnya konten dalam wujud postingan sampai landing page, hingga SEO on page pula hendak membuat tampilan web jadi lebih menarik serta gampang digunakan oleh visitor web..

D. Menaikan Kecepatan Website
Salah satu metode SEO on page agar web dapat tampil pada peringkat yang bagus adalah dengan mencermati kecepatan web. Makin cepet web dapat di akses, maka makin gampang juga untuk tampil di peringkat yang bagus. Sehingga, dengan menerapakan SEO on page maka kecepatan website Anda ketika diakses makin cepat.


Manfaat SEO Off Page

Berikut merupakan manfaat dari optimasi SEO off page:

A. Menaikan SERP
SERP (Search Engine Result Pages) merupakan halaman hasil mesin pencari. Dengan meningkatnya SERP, jadi Anda bisa mengetahui seberapa jauh peringkatnya dalam hasil pencarian Google Search Engine.

Bukan cuma itu, makin tinggi SERP maka makin bagus. Terlebih lagi apabila web Anda dapat tampil di halaman awal serta di urutan satu. Trafik web Anda makan jauh lebih besar lagi.

B. Menaikan PageRank
PageRank merupakan dimensi numerik yang diberikan Google kepada tiap halaman web, yang didasarkan pada jumlah serta mutu tautan ke tiap halaman. Google memberikan rentang nilai dari 0 sampai 100.

C. Website Semakin Terkenal
SEO page juga membuat web Anda semakin terkenal dan diketahui banyak orang. Banyak metode SEO off page yang dapat Anda terapkan dalam perihal ini. Contohnya memanfaatkan media sosial serta forum, memberikan komentar serta testimoni di web lain, memanfaatkan social bookmark ataupun article directory.


Perbandingan Berdasarkan Komponen

Komponen SEO On Page

Berikut merupakan komponen penting pada SEO on page yang bisa pengaruhi peringkat web Anda tampil di halaman pencarian:

A. Heading
Heading merupakan judul yang berada paling atas dengan umumnya mempunyai dimensi huruf yang lebih besar dibanding dengan bagian lain dalam suatu halaman. Heading ini mempunyai peranan yang besar di bandingkan isi konten yang Anda buat. Dengan heading yang baik dan meranik, pembaca akan lebih tertarik pada konten Anda. Maka dari itu, diharuskan untuk menyisipkan kunci berarti pada heading atau judul konten.

B. Struktur URL
URL adalah salah satu komponen yang perlu diperhatikan dalam suatu web karena struktur URL ataupun Uniform Resource Locator digunakan untuk menampilkan alamat web Anda. Perumpamaannya adalah web itu diibaratkan sebagai rumah serta struktur URL diibaratkan sebagai alamat yang menuju ke rumah Anda. Suatu struktur URL yang baik merupakan yang terdapat kata kunci di dalamnya.

C. Alt Text Untuk Foto
Alt text untuk foto ini berguna untuk memudahkan pembaca mengerti serta paham konten yang Anda buat lewat foto. Anda butuh memasukkan kata kunci yang relevan serta deskripsi yang akurat agar mesin pencari dapat menemukan halaman mu dengan mudah. 
Alt text pada foto sebaiknya terdiri atas:
  • . Pemberian deskripsi foto dalam 8– 10 kata.
  • . Tambahkan kata kunci secara alami.
  • . Tambahkan lokasi apabila diperlukan..
  • . Jangan memasukan kata kunci yang tidak relevan.

D. Page Speed
Page speed berkaitan dengan kecepatan Google dalam mencari serta menampilkan halaman yang di cari berdasarkan pada keywordi yang dimasukkan. Makin maksimal page speed web Anda, maka konten Anda juga akan mempunyai kesempatan yang besar untuk tampil di halaman pertama dan teratas pencarian Google.

E. Mobile Friendly
Saat ini orang-orang sudah terbiasa dengan perangkat seluler dan kebanyakan aktivitas kita sekarang berada di depan perangkat seluler. Jadi penting rasanya membuat web yang responsif untuk dibuka di layar perangkat seluler. Anda bisa pakai Mobile Usability Report buat menolong Anda menganalisis permahasalan apa yang akan terjadi ketika website Anda dibuka di perangkat seluler.

F. Internal Link
Internal link merupakan link yang ditautkan pada konten secara internal dengan halaman lainnya yang relevan pada web Anda. Dengan mengoptimalkan internal link, peringkat web Anda akan bisa meningkat pada halaman pencarian. Perlu diingat untuk memberi tanda dengan anchor text pada konten yang diberi internal link.


Komponen SEO Off Page

Berikut merupakan komponen penting SEO off page yang bisa memaksimalkan kinerja web Anda dari luar:

A. Backlink
Backlink merupakan sebuah penamaan untuk menamai link ataupun tautan yang menuju pada web Anda. Berikut merupakan hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat backlink yang bermutu:
  • Membuat konten yang menarik serta berkualitas
  • Membagikannya lewat media sosial
  • Mempromosikan web lewat newsletter serta influencer
  • Mengundang penulis lain buat meninggalkan komentar pada web Anda
B. Domain Authority
Domain authority merupakan metrik buatan yang digunakan selaku barometer yang pengaruhi kredibilitas web kamu. Domain authority digunakan selaku acuan terhadap seberapa besar suatu web bisa dipercaya bersumber pada hasil dari mesin pencarian Google.

C. Promosi Sosial
Promosi sosial merupakan bagian yang tidak kalah pentingi dalam komponen SEO off page. Agar dapat meningkatkan social signal, peringkat, serta kredibilitas web, Anda perlu mempromosikannya lewat media sosial. Agar Anda lebih memahami tentang promosi sosial ini, Anda dapat melakukan searching terkait marketing SEO.


Demikianlah artikel terkait perbedaan SEO on page dan SEO off page. Semoga dengan artikel ini Anda bisa mengetahui perbedaanya dan mulai mengerti tentang manfaat SEO on page ataupun manfaat SEO off page. Apabila anda ingin belajar search engine optimization lebih mendalam, Anda bisa mengunjungi dan baca artikel-artikel terkait SEO di mengicir.blogspot.com 


Post a Comment

0 Comments